8 Tips Hemat Bepergian dengan Pesawat

Pesawat merupakan sarana transportasi andalan bagi sebagian orang, terutama untuk menempuh perjalanan dalam jarak jauh. Dengan menggunakan pesawat, Anda bisa tiba di tempat tujuan dengan lebih cepat. Selain bisa menghemat waktu, bepergian dengan pesawat juga akan terasa lebih praktis dan santai.

Tantangannya, harga tiket pesawat cenderung lebih mahal daripada sarana transportasi lain. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan menerapkan sejumlah tips hemat bepergian dengan pesawat, misalnya membeli tiket Batik Air secara online. Apa lagi tips lainnya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1.   Beli Tiket Pesawat Secara Online

Biaya paling besar yang harus dikeluarkan saat bepergian dengan pesawat adalah membeli tiket pesawat. Harga tiket pesawat bervariasi, tergantung pada maskapai, jenis kelas pesawat, serta waktu terbang yang dipilih. Namun, Anda juga bisa memperoleh tiket pesawat dengan harga yang lebih murah ketika sedang ada promo.

Untuk dapat menikmati keuntungan tersebut, sebaiknya carilah tiket pesawat secara online. Cara ini akan memudahkan Anda membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai maskapai pada waktu keberangkatan yang dipilih. Bukan hanya itu, Anda pun berkesempatan menikmati aneka promo yang ditawarkan sehingga harga tiket lebih murah.

2.   Datang ke Bandara dengan DAMRI

Supaya dapat tiba tepat waktu, Anda pun sebaiknya mempersiapkan transportasi yang akan digunakan menuju bandara. Taksi atau kendaraan online biasanya menjadi pilihan, terutama jika tidak ada yang bisa mengantar. Namun, Anda bisa lebih hemat lagi jika menggunakan fasilitas DAMRI Bandara.

Tiket Damri Bandara bisa dibeli terlebih dahulu sebelum hari keberangkatan, salah satunya melalui Traveloka. Setelah memiliki tiket, datanglah ke titik keberangkatan yang terdekat dengan lokasi Anda. DAMRI Shuttle Bandara akan berangkat tepat waktu setiap jam. Selain nyaman dan menawarkan fasilitas lengkap, harga tiket DAMRI juga tergolong murah.

3.   Persiapkan Keperluan Pribadi Selama Perjalanan

Agar lebih hemat bepergian dengan pesawat, jangan lupa untuk mempersiapkan keperluan pribadi selama perjalanan. Hal ini sangat penting, terutama jika Anda menempuh perjalanan jauh dan harus transit sebelum tiba di tempat tujuan. Keperluan seperti bekal makanan dan minuman, bisa dibawa dari rumah sehingga Anda tidak perlu membelinya di bandara.

Makanan, minuman, dan benda-benda keperluan pribadi dalam perjalanan bisa Anda simpan di tas yang mudah dijangkau. Supaya tidak merepotkan saat dibawa, aturlah semuanya seringkas mungkin. Selain itu, bawa keperluan dalam jumlah yang cukup dan tidak terlalu banyak.

4.   Perhatikan Berat Bagasi

Hampir semua maskapai menetapkan aturan limit berat bagasi yang boleh dibawa oleh tiap penumpang. Jika melebihi limit yang ditentukan, penumpang perlu membayar biaya tambahan di luar harga tiket pesawat. Supaya tidak mengeluarkan bujet ekstra, Anda perlu memperhatikan ketentuan tersebut saat mengemas tas sebelum berangkat.

Opsi terakhir yang bisa dilakukan untuk menyiasati bagasi ekstra adalah membawanya ke dalam kabin. Namun, perlu dicatat bahwa jumlah dan berat tas yang bisa disimpan di kabin juga ada batasnya. Selain itu, Anda bisa jadi lebih repot mengurusnya, terutama jika harus transit di bandara lain.

5.   Manfaatkan Fasilitas Gratis di Bandara

Tips selanjutnya untuk menghemat pengeluaran saat bepergian dengan pesawat adalah memanfaatkan fasilitas gratis di bandara. Di tiap bandara, fasilitas yang tersedia berbeda-beda. Anda dapat bertanya kepada petugas terlebih dahulu jika belum mengetahui informasi mengenai hal ini.

Di Bandara Soekarno-Hatta, misalnya, ada sejumlah fasilitas yang dapat membuat perjalanan Anda lebih nyaman, di antaranya medical assistant, smoking area, charging point, free wifi, dan sebagainya. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan informasi mengenai keberangkatan pesawat ketika sedang asyik menggunakan berbagai fasilitas ini.

6.   Jeli Mengecek Promo

Bukan hanya promo tiket pesawat yang bisa membuat Anda lebih hemat bepergian dengan pesawat. Ada pula berbagai promo lain yang dapat dimanfaatkan, terutama saat ingin membeli sesuatu di area bandara. Promo ini bisa berasal dari membership, kartu kredit, platform pembayaran digital, dan sebagainya.

Dengan memanfaatkan penawaran ini, Anda akan lebih hemat saat melakukan pembayaran. Selain potongan harga, bentuk keuntungan yang bisa didapatkan adalah cashback yang nantinya bisa digunakan untuk keperluan lain.

7.   Cermat Memperkirakan Waktu Datang di Bandara

Karena takut terlambat dan ketinggalan pesawat, Anda mungkin berusaha untuk datang secepat mungkin ke bandara. Padahal, menunggu terlalu lama dapat membuat bosan. Bahkan, Anda bisa jadi akan terdorong untuk mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

Sebaiknya, perkirakan dengan cermat waktu kedatangan di bandara. Jangan terlalu cepat, tetapi usahakan juga untuk tidak terlambat. Pengaturan waktu yang baik membuat perjalanan dengan pesawat akan lebih lancar, nyaman, sekaligus hemat. Semuanya dimulai dengan perencanaan yang tepat sebelum waktu keberangkatan.

8.   Jika Tidak Wajib, Hindari Membayar Biaya Lain

Jika ingin lebih hemat, hindari membayar biaya ekstra lain yang tidak perlu. Salah satu contohnya, layanan proteksi bagasi. Di bandara biasanya tersedia jasa wrapping dan strapping untuk koper atau barang bawaan penumpang. Tujuannya untuk mengamankan tas sehingga tidak mudah dibuka. Nah, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk keperluan ini jika barang bawaan telah tersimpan di tas yang aman.

Inilah berbagai tips yang bisa diterapkan saat akan bepergian dengan pesawat. Meskipun harga tiket pesawat lebih mahal, Anda bisa menyiasatinya dengan mengurangi biaya yang dikeluarkan selama dalam perjalanan. Dengan demikian, perjalanan dari kota asal ke tempat tujuan bisa lebih nyaman sekaligus hemat. Anda tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *