Tempat Wisata Kuningan Bernuansa Alam

Kabupaten Kuningan di Jawa Barat dianugerahi beragam obyek wisata alam yang cantik dan asri. Wisata Kuningan ini tak jauh dari Gunung Ciremai sehingga suasana lingkungannya pun memukau banyak orang.

Sejumlah tempat wisata alam di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat mulai populer. Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, kawasan ini menjadi tujuan para wisatawan dari ibu kota. Kawasan Kuningan masih asri dan tidak tercemar seperti di Jakarta.

Selain itu, Kuningan juga memiliki berbagai destinasi wisata alam yang indah dan instagramable. Selain dekat dengan alam, Anda juga bisa mengunggah foto-foto terbaik ke akun Instagram Anda.

Berikut beragam pilihan tempat wisata Kuningan nuansa terkini yang sedang hits.

Cek: Tempat Wisata yang Lagi Hits di Cirebon

wisata kuningan nuansa alam

Inilah Alternatif Tempat Wisata Kuningan Bernuansa Alam yang Adem dan Asri

Telaga Biru Cicerem

Wisata Telaga Biru Cicerem ini menyuguhkan panorama telaga berair jernih kebiruan. Pengunjung dapat menikmati suasana sekeliling dengan pohon-pohon yang rindang adem dan juga bermain air atau snorkeling melihat keindahan alam bawah air telaga.

Curug Putri

Wisata Kuningan Curug Putri ini berupa air terjun yang berada di kaki Gunung Ciremai. Curug tersebut menghadirkan panorama yang cukup sejuk dimana airnya benar-benar menyejukkan.

Hutan Desa Setianegara

Adalah tempat wisata yang pas untuk mereka yang ingin menikmati suasana pedesaan alami yang asri. Lingkungannya memiliki udara yang sejuk dan teduh. Nah, di wisata Kuningan ini pengunjung pun boleh berkemah bersama anggota keluarga atau teman-teman.

Telaga Nilem

Tawaran wisata Kuningan ini sangat eksotis yang bertempat di Desa Kaduela. Menawarkan air telaga yang begitu bening sehingga pengunjung dapat dengan mudah melihat bebatuan berlumut di dasar telaga. Di sini wisatawan dapat sekedar bermain air yang segar atau berenang.

Situ Wulukut

Situ atau danau Walukut ini menghadirkan kecantikan pemandangan alam yang benar-benar meneduhkan hati. Situ di sini bahkan banyak yang menyamakannya dengan danau Ranu Kumbolo yang terletak di ketinggian Gunung Semeru, Jawa Timur.

Curug Landung

Mengenal wisata Kuningan lebih lanjut, ada juga Curug Landung yang sangat cantik. Air terjun yang satu ini cukup tinggi sehingga air yang jatuh pun cukup deras. Para pengunjung dapat menikmati aktifitas bermain air untuk mengusir stres dan membuat pikiran pun fresh kembali.

Bukit Panembongan

Destinasi wisata Kuningan ini bahkan disejajarkan dengan wisata Kalibiru di Jogja. Bukit Panembongan menghadirkan suasana alam berhawa segar dimana dari ketinggian para wisatawan dapat bersantai memandang lepas.

Batu Luhur

Tempat wisata Kuningan ini terletak di area Taman Nasional Gunung Ciremai. Wisata Batu Luhur sangat cocok digunakan untuk bersantai dan juga mencoba wahana permainan menantang misalnya flying fox atau jembatan tali yang selalu goyang.

Pondok Pinus Cai

Di Pondok Cai Pinus, pengunjung bisa menikmati berbagai spot foto kekinian yang bikin foto-foto kamu jadi Instagram-worthy dengan background bangunan ala kastil.

Selain itu, ada juga rumah balon, rumah hobbit, sangkar burung dan berbagai spot foto menarik lainnya.

Pegunungan tilu

Secara administratif, Gunung Tilu termasuk dalam wilayah Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana dan Desa Cimara, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan. Hutan di kawasan Gunung Tilu memiliki potensi besar dan makna penting bagi kehidupan masyarakat sekitar. Pasalnya, kawasan ini terletak di hulu tiga sungai besar di kawasan Kuningan timur, yakni sungai Citaal, Cijangkelok, dan Cikaro.

Sebagian besar hutan di kawasan ini masih berupa hutan alam dengan status hutan lindung. Keanekaragaman hayati yang dikandungnya sangat luar biasa mengingat daerah sekitarnya merupakan daerah yang relatif padat penduduknya. Bagi pecinta alam, kawasan Gunung Tilu bisa menjadi objek wisata yang perlu dieksplor.

Waduk Darma

Selain pegunungan, di Kuningan, Jawa Barat juga terdapat waduk yang bisa menjadi destinasi wisata alam. Kawasan ini terletak di Jalan Lk. Waduk Darma, Jagara, Darma, Kabupaten Kuningan. Tempat ini merupakan waduk yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.

Dengan luas 425 hektar, waduk ini memiliki fungsi penting untuk mengairi lahan pertanian bagi masyarakat sekitar. Waduk ini juga bagus untuk rekreasi keluarga dan termasuk wisata ramah anak untuk orang dewasa. Ada beberapa aktivitas wisata seperti kereta mini, taman bermain anak-anak dan flying fox.

Buruan Flash Sale Gratis Biaya Kirim Shopee
x